Elai, Durian Khas Kalimantan

Buah Elai atau Pampakin adalah buah yang berasal dari Kalimantan, tepatnya banyak ditemukan di Kalimantan Timur dan Kutai Kartanegara. Buah ini masih berada di genus yang sama dengan durian yaitu Durio. Nama ilmiah elai adalah Durio kutejensis, sedangkan durian adalah Durio zibethinus.

Meskipun serupa, elai memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dengan durian. Di bagian luar, duri-duri elai lebih lunak bila dibandingkan dengan durian. Daging buah elai berwarna kuning telur serta bertekstur kasar dan cenderung kering. Selain itu, aroma buah elai tidak terlalu menyengat seperti durian. Rasa dari buah elai manis seperti ubi madu.


Buah elai diketahui tidak mengandung kolsetrol dan rendah akan kandungan alkohol. Buah ini memiliki kandungan tryptophan yang tinggi untuk memengaruhi mood. Kandungan lainnya adalah kalium, serat, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Kandungan gizi inilah yang bermanfaat untuk memperlancar BAB, menjaga kesehatan kulit, memperkuat tulang dan gigi, menambah nafsu makan, dan sebagainya.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Memilih Senar Biola

Ulasan Produk Pengangkat Komedo